Kemo 19 and it's a wrap!

Ini oh so late banget gw nulisnya.

Pas jreng kemo ke-19 pada 15 Juni 2017 lalu, berasa gimana gitu. Kemo terakhir bow, setelah aneka turbulensi kondisi kesehatan sejak April 2016 gitu. Antara seneng kemo ini berakhir, atau gelisah ini bakal kambuh atau enggak. Antara mikir bakal merindukan masa small escape dengan kemo, atau justru harusnya seneng karena nggak perlu antre dokter sampai malam lagi.

Yang jelas sejak kemo berakhir, God knows betapa gw berusaha nurunin berat badan. Tapi gw nggak berdaya di hadapan sate kambing. Iya makan buah, iya makan sayur, tapi sampai hari gini gw belum sukses makan sayur 3 porsi DAN makan buah 3 porsi per hari.

Satu hal yang berubah juga adalah gw hampir nggak pernah pakai sumpelan lagi. Ih padahal dulu kayaknya niat banget beli sampai ke Bintaro gitu. Berasanya sih males aja gitu. Gw nggak ada dalam fase perlu nyeneng-nyenengin diri sendiri dengan punya dua payudara gitu. Malah suka males urusan keringetan di area sana.

Hal lain yang gw coba deteksi dini adalah kebutuhan akan piknik. Kalau dulu mungkin ada aja pertimbangan untuk menunda piknik, sekarang gw merasa lebih yolo. Turutin aja. Ibarat kata Warkop: yang pakai baju merah jangan sampai lepas. Gw berusaha lebih peka sama kesehatan jiwa dan menjaga supaya gw baik-baik saja, emotionally.

Dalam suatu kesempatan, gw sempet kenalan sama seseorang yang kanker juga. Kanker ovarium kalo nggak salah. Gw nggak kenal, nggak pernah ketemu. Temenan di FB doang. Sama-sama jurnalis. Dia langsung cuti panjang begitu tau harus ikut serangkaian pengobatan. "Kan ada aturannya di Undang-undang Ketenagakerjaan," kata dia. Gw langsung berasa 'kenapa gw dulu nggak mencari tau soal ini yak'.

Tapi yaaa disyukuri aja. Gw bisa OCD beberes rumah setiap hari kalau nggak kerja hahaha. Gw beruntung bisa tetap punya kerjaan. Gw beruntung punya support system sehingga gw bisa tetap ngapa-ngapain. Jadi ya udah, bersyukur aja.

Setelah kemo berakhir artinya gw memasuki masa ketemu dokter per bulan, per tiga bulan, per enam bulan, per tahun dst. Dan akan terus begitu sampai 5 tahun mendatang. Sampai dinyatakan bersih dari kanker. Dan semua akan rapi gw catat dalam buku notes pink gratisan dari majalah bersampul "Time to Shine".

Tapi tentu we shall not let our guards down - ada aja yang kambuh setelah bertahun-tahun bersih. Jadi selamat datang gaya hidup sehat!

Comments

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)