Golden Hand dan Compression Sleeve


Salah satu efek jangka panjang dari kanker payudara yang jarang dibahas detil sama dokter adalah soal golden hand.  Ini adalah kondisi tangan yang harus dijaga supaya tidak terlalu keras. Kondisi ini terkait dengan kehadiran si kanker payudara yang ditemukan jejaknya juga di kelenjar getah bening. 

Golden hand ini adalah ujung dari kondisi yang namanya lymphedema: pembengkakan bagian tubuh karena penumpukan cairan limfe. Karena kelenjar getah bening gw ada yang diambil pas mastektomi, maka perjalanan cairan limfe jadi macet, dan kalau itu terus-terusan maka akan mengganggu golden hand gw. 

Dalam kasus gw, golden hand gw adalah tangan kanan -- tangan utama gw. Kelenjar getah bening di bagian ketiak gw itu ada jejak-jejak kanker sebagai dampak dari kanker payudara. Pas operasi mastektomi payudara kanan, kelenjar getah bening di ketiak kanan gw diangkat juga. Dari 10 kelenjar yang diangkat, 7 ada jejak penyebaran kanker. Ini juga yang membuat dokter menerapkan kemoterapi ke gw untuk mencari dan mematikan sebaran sel kanker gw di bagian tubuh yang lain secara sistemik. 

Nah soal golden hand, infonya sebatas begini: tangannya nggak boleh kerja keras, bawa barang nggak boleh lebih dari 1 kg, jangan sampai bengkak. 

Yang nggak dikasih tau adalah:
1. Kalo bengkak itu rasanya nyeri, gak enak dan beraaattt
2. Yang bengkak itu bisa mulai dari jari-jari
3. Yang bisa ikut bengkak adalah area di bawah ketiak alias sebelah kanannya my-toket-was-here part karena cairan getah bening itu numpuk 
4. Bengkak itu artinya cairan getah bening numpuk 
5. Kalo bengkak udah parah alias jadi extra large: kondisinya irreversible alias gak bisa balik ke kondisi semula 

Dan karena golden hand gw itu di kanan, sementara kanan adalah tangan utama gw, tentu susah. "Belajar pake tangan kiri dong," kata orang. Yea rite. Tried that, didn't work out for me. 

Ngetik, kanan. Pake hp, bisa gantian tangan, tapi buat ngetik mostly pakai kanan. Makan, kanan. Nyali ngepel, kanan. 

Pernah ada periode gw panggil GoClean terus demi nggak nyapu ngepel. Tapi kan nggak bisa setiap hari. Dan yang lebih mendasar adalah karena beberes adalah theurapeutic hobby buat gw nyahahaha. 

Makdarit compression sleeve adalah sahabatku. 

Ini kayak stoking aja, dipakai di tangan yang golden hand. Ukurannya ketat, demi menjaga kulit lengan nggak ambyar gitu. Apalagi kan tangan cenderung mengarah ke bawah karena bentuk dan gravitasi, itu mengundang cairan getah bening untuk menumpuk. Dengan compression sleeve, maka itu cairan kayak tetap bergerak seperti semestinya. 

Ibaratnya kayak air dalam kantong. Kalau kantongnya berupa plastik lemes, jadi kayak meleyot ke bawah beserta cairannya kan? Nah kurleb kayak gitu deh. 

Gw punya beberapa macam compression sleeve. Semuanya beli sama Suster Ela, fisioterapis di Jakarta Breast Center.

Pertama, bahan stoking, merk Venosan (small). Dari pergelangan tangan sampai setengah lengan atas. Bahan nggak terlalu tebal, enak untuk pemakaian sehari-hari. (-) suka melorot di bagian lengan atas untuk pemakaian lama alias seharian. 

Kedua, bahan agak lebih tebal, merk Venosan (tipe 7000, small short ZG). Sleeve mengcover juga bagian pergelangan tangan yang suka ikutan bengkak. Tapi karena masih ketat banget kadang rasanya jadi kayak sesak. (-) bahan tebal jadinya agak sumuk. 

Ketiga, sarung tangan yang ujung jarinya bolong. Ini enak dipakai saat telapak tangan bengkak akibat kebanyakan ngetik kayak sekarang ini hueheuehe. (-) agak longgar tapi mayyan lah.

Keempat, perban biasa. Ada yang buat jari -- dan itu ternyata jenis perban khusus karena bisa cukup elastis. Ada juga perban yang bisa dipakai utk kompresi lengan atau dada. Perban yang kayak gini paling enak buat mengompresi bagian yang bengkak di sebelah luarnya my-toket-was-here. (-) ribet karena harus membabat sendiri, menggulung rapi perban abis pakai itu bikin tangan sakit juga lho. 

Kelima, selamat datang sleeve baru, merk Sigvaris (size S2, 30-40 mmHg, warna Beige). Kali ini, dari pergelangan tangan sampai mentok lengan paling atas. Biar nggak merosot maka dikasih tali (kayak tali BH) yang dikaitkan ke sisi tubuh kiri. Kalau gw sih itu tali disangkutin ke bawah tiket kiri. Ya ampun untung gw masih punya 1 toket ya heuehehe. So far enak karena dia sampai ke area lengan atas itu. Enak kalau dipakai pas mesti ngetik seharian. (-) belum nemu karena baru dipakai sehari.

Jadi, selamat memilih compression sleeve sejatimuuuu!

Comments

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)