Rapor Bayangan

Hari Senin lalu (1/8/2016) datang konsul ke dr Sugi itu kayak mau terima rapor bayangan. Hasil rontgen dan USG dan lab selain dibawa ke dr Sugi juga ke dr Evert dan Prof Z pas dia visit saat gw kemo.
Setelah kemo 3 kali dengan obat Brexel (Taxane), Carboplatin dan Herceptin, apa hasilnya?
- Rontgen thorax alias dada: bersih
- USG payudara: kanan aman, kiri ada kista
- USG perut: liver dan paru-paru aman
- leukosit: aman di angka 9000 (batas aman 5-10 ribu)
Yang perlu waspada:
- CA 15-3: ini adalah CA marker. April 2016, CA 15-3 gw ada di angka 18. Kali ini di angka 26. Naik, meski masih di bawah standar normal yaitu 31,3. Tapi kan tetap aja naik. Artinya: there's something growing inside tapi belum ketahuan di mana. Ini sungguh sucking feet alias f*cking sh*t toh. Solusi: akan bone scan ulang dan/atau PET scan. Itu baru akan dilakukan setelah #kemo6.
- Fosfat alkali: angkanya naik. April di 60an, sekarang jadi 103. Ini ada hubunganya dengan liver dan tulang. Hasil bone scan April lalu bersih. Baru boleh bone scan lagi setelah jeda 6 bulan, berarti baru bisa Oktober. Until then, gw berdoa yang kenceng, makan sayur buah yang ekstra banyak plus olahraga. Supaya nggak ada metastase alias penyebaran ke tulang. Atau tempat-tempat lain huwaaaaa.... 
- HB: yaaaaa secara gw thalassemia juga ya, HB cenderung pas-pasan. Solusinya mudah: cari makanan untuk boost HB (misalnya hati, beet)
Mudah-mudahan rapor akhir kemo nanti bulan September bakal aman. Dan bisa segera lanjut ke etape selanjutnya yaitu radiasi.
Seperti kata dokternya kakak gw (yang by the way juga ada 'bonus jinak' di area yang sama), kanker itu 10% genetik dan 90% itu gaya hidup (makan, olahraga, pola hidup, dll). Yang 10% kan udah jelas ada di gw plus lari-lari dalam keluarga alias runs in the family. Nah masih ada 90% yang bisa gw kendalikan. Oke deh sip!
Pas sesi visit + konsultasi sama Prof Z beres, kebetulan pas gw lagi ditemenin sama bokap di kamar RS. Mereka kan memang temen lama tuh, jadi ya asik-asik aja. Setelah sesi visit selesai, dia bilang gini:
"Kalau dulu tingkat kemiripan anak sama bapak kan 60 persen, sekarang jadi 90 persen," kata Prof Z sambil nunjuk gw dan bokap. Kaiyyyaaaa ;)

Comments

  1. Haiyaaaa bener makin mirip....Yuk aku temenin makan buah. Eh Danang ngajak olah raga tiap JUmat di taman

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)