Teropong Rahim alias Histeroskopi

Note: ini late post, tindakan dilakukan pada Agustus 2021. 


Selalu ada kali pertama dalam hidup 💪

Proses ini namanya teropong rahim atau histeroskopi. Gw udah disuruh melakukan ini oleh dr L sejak beberapa bulan lalu karena di USG terlihat ada penebalan endometrium. It's a no no tuh buat gw. Penebalan = curigation yang harus diketahui apa itu sebenarnya 🧐

Jadi prosesnya gini. Ada benda kayak sedotan stainless dimasukkan ke vagina lalu meneropong di area rahim. Uwooo sambil nonton di layar itu gw bak piknik melihat gua 😂

Tindakan dilakukan oleh dr A di Klinik Kintani RSCM. Sepanjang proses tindakan, dokter menjelaskan kayak gw lagi ikut wisata: 'Ini tempatnya bayi', 'Nah kalau ini yang di bagian samping itu lho' 😎

Supaya haqul yaqin, selain meneropong, juga sekalian biopsi. Nah ini lebih yoi lagi wkwkw. Di selongsong sedotan itu, dimasukin benda lagi, yang ujungnya berupa capit. Lalu trus si capit ini berupaya mengambil jaringan endometrium itu untuk diperiksa. Bentuknya kayak serabut awan-awan putih gitu. Si capit bergerak ke sana ke mari, berusaha mengambil si awan putih. Sebagai analogi, ini kayak mainan di game zone, yang mau ambil boneka pake capitan gitu deh. Jadilah gw ikut gemes setiap kali si capit gagal menjepit 😅

Setelah proses selesai, si awan putih itu dibawa ke lab untuk Patologi Anatomi. Hasilnya tentu harus bersabar, 10 hari kerja. Orang sabar disayang Tuhan 🎉

Demikianlah kisahku hari ini. 

Comments

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)