Si Biru Jejak Kemo Ekstra Vasasi

Pasca #Kemo12 gw mendapati ada kayak memar biru bekas suntikan infus kemo di punggung tangan kiri. Lingkaran biru kayak memar gitu.

Gw menyadari ada itu pas buka perban hari Jumat. Trus karena keliatan kan ya jadi kepikiran. Trus kadang suka berasa kayak ngilu gitu.

Kalau ngobrol sama pasien lain, suka ada cerita kalau obat kemo bisa 'ngerembes' gitu. Ini disebut extra vasasi (CMIIW). Dwoh. Kalau ngegoogle gambar Extra Vasasi Kemoterapi, wiih ngeri-ngeri bener bok. Yang juga bikin cemas sebetulnya adalah jangan-jangan gw jadi harus pakai port karena pembuluh darah gw udah pada keok di tangan kiri. Padahal kemo gw ya hanya bisa di sisi kiri, karena sisi tangan kanan kan adalah 'tangan emas'.

Gw wa dr Sugi soal ini. Karena dia lama nyaut, gw beralih ke dr Dyah. Setelah memperjelas soal si memar, dia sarankan pakai salep. Tapi ya ini salep juga mesti resep dokter. Eh nggak lama dr Sugi nyaut di wa. Dia bilang, mesti periksa dulu. Yo wis lah nurut aja.

Pas akhirnya periksa, kata dr Sugi iya betul ini rembes, tapi masih aman lah. Obat Herceptin pun terhitung aman. Beda dengan kemo tahap awal yang kadarnya lebih keras. Dia kasih resep Salep Benoson-G.

Semoga itu memar cepat hilang. Dan semoga pembuluh darah gw mampu bertahan sampai 6 kemo selanjutnya. Jangan sampaaaiii deh gw mesti pakai port di etape terakhir kemo begini. Semangkaaaaaaa!

Comments

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)