PET Scan Demi Anu

Hari ini gw menjalani treatment baru lagi: PET Scan. Ini dilakukan sebagai bagian dari evaluasi kemo. Dengan melakukan PET Scan ini maka tidak perlu bone scan, mammografi, USG thorax dan payudara dll. PET Scan ini juga bisa dipakai untuk mendeteksi metastase atau penyebaran sel kanker di tempat lain.

Sejak Oktober 2016 sebetulnya dr Evert udah nyuruh PET Scan karena ada 'kenaikan yang tidak menyenangkan'. Setelah itu disuruh lagi oleh Prof Tati untuk evaluasi radiasi dan akhirnya disuruh sama dr Sugi untuk evaluasi kemo tahap 3.

Asemnya, PET Scan nggak ditanggung BPJS. Jadi ya mari rogoh kocek (tetangga, kalau bisa haha). Gw melakukan proses ini di RS Gading Pluit. Harga 13.5 juta. Nyam nyam nyam.

Persiapan menuju PET Scan begini:
- Telp ke RS Gading Pluit, daftar
- Wawancara dengan dokter RS untuk tahu riwayat penyakit dan atur jadwal Wawancara bisa by phone atau langsung ke RS
- Akan dapat email dari RS berisi aneka form yang harus diisi, isi, scan/foto, kirim balik ke RS
- Kirim via email hasil pemeriksaan sebelumnya: USG, Mamografi dll.
- H-1 cek lab: glukosa puasa dan kreatinin ureum
- H-1 jam 12 siang minum Dulcolax
- H-1 bayar DP
- Bawa semua hasil lab termasuk film USG dan rontgen ke RS

Jadwal wawancara bisa lebih cepat kalau datang langsung ke RS. Kalau by phone ya nunggu aja kapan bakal ditelfon. Waktunya adalah antara Senin sd Rabu jam 9-13 kalau nggak salah. Jarak antara wawancara dengan jadwal PET Scan itu sekitar 1-2 hari, bisa juga lebih, tergantung pada jadwal aja.

Gw dapat jadwal PET Scan itu hari ini jam 9 pagi. Mesti puasa 6 jam sebelum treatment mulai.

Gw sampai di RS Gading Pluit sekitar jam 8. Sepanjang jalan, ngeliat plang apa pun kayaknya kok laper. Sampai di RS, masih sepi di bagian PET Scan di lantai 1 ini.

Belum jam 9, gw udah dipanggil masuk. Disuruh ganti baju pakai kostum buat PET Scan, di ruang ganti ada loker. Abis itu disuruh istirahat. Kata petugas di depan, prosesi pra pemeriksaan itu sekitar 45 menit. Di dalam ada tersedia dua kamar, isinya tempat tidur doang buat istirahat. Mungkin untuk mempersiapkan badan supaya anteng ya.

Abis itu ditensi dan dipasangin apa itu ya namanya, yang buat pasang infus. Udah, abis itu disuruh istirahat lagi. Di meja ada dua gelas Aqua. Disuruh minum satu dulu. Alamak pahit bener. Ternyata itu Aqua udah dikasih obat. Obat ini buat lambung, supaya nanti hasil PET Scan bisa lebih jelas terlihat.

Setelah gelas pertama tandas, gw menuju ke ruangan sebelah untuk suntik obat. Ini adalah cairan radioaktif untuk prosesi PET Scan. Rasanya dingin pas cairan itu masuk.

Abis itu gw disuruh masuk kamar lagi, istirahat. Sumpah mati gaya banget. Nggak boleh bawa hp, nggak bisa baca apa gitu kek. Krik Krik abis.

Nggak lama, disuruh minum gelas kedua. Duh ampun, paittttt. Belum sarapan, kok ya malah disuruh minum yang pait. Ya udah lah kita yolo aja. Mulai makin sering pipis karena dingin dan minum melulu. Karena gw udah disuntik radioaktif maka gw harus pakai WC yang bertuliskan Hot Toilet. Pipis gw penuh radiasi berarti tuh... serasa jadi Megaloman gini bow.

Abis itu dipanggil lagi untuk Aqua gelas yang ketiga. Masih pait juga itu cairan. Lalu gw akhirnya masuk ke ruangan PET Scan.

Tiduran, diatur posisi tangan, dikasih sabuk untuk nahan posisi tangan, lalu eng ing eng kita mulai. Selama 45 menit selanjutnya gw harus diam. Nggak boleh gerak dari kepala sampai kaki. Yang berat itu nahan kaki buat nggak gerak serta menahan diri untuk nggak refleks menggaruk bagian tubuh yang gatel.

Untungnya pas di dalam mesin PET Scan itu gw ketiduran hahahaha. Mau bangun juga percuma, lah wong nggak bisa ngapa-ngapain. Gw kebangun pas petugas bilang, "Tiga menit lagi selesai ya. Habis ini dikasih obat, di badan rasanya panas, jadi jangan kaget." Eh bener itu panas banget. Gw sampai berasa ngompol karena di bagian bawah berasa anget banget.

Setelah itu, prosesi PET Scan selesai. Diminta ganti baju, lalu makan makanan yang sudah disediakan. Jarum infus belum dicabut sembari liat kondisi tubuh pasca PET Scan. Gw makan di ruang khusus gitu. Mayan lah ada tv di sana.

Abis itu beres deh. Selesaikan pembayaran lalu petugas titip pesan: minum yang banyak, kalau pipis diflush yang banyak, jangan berdekatan dengan bayi, balita atau ibu hamil dulu. Karena gw masih akan berpendar karena radiasi ini, sebelum benar-benar semuanya luruh.

Rasanya sih biasa aja abis PET Scan. Berasa kepikiran badan berat dll tapi kayaknya itu sugesti aja. Tapi ya badan dihemat dulu aja lah, istirahat saja yang banyak abis PET Scan.

Hasil akan keluar setelah 2-3 hari kerja. Pengiriman hasil bisa lewat kurir, tapi RS Gading Pluit pakai DHL jadi ongkos 200 ribu. Ih. Emoh. Ntar kirim Gojek aja deh.

Semoga hasilnya bagus adanya. Amin.

Comments

  1. Halo kak, salam kenal. Mama ku pasien kanker payudara stadium 2B. kebetulan awalnya pasien Dokter Evert di JBC. setelah selesai operassi, kami melakukan kemoterapi di RS Pelni jakarta barat dengan bpjs. setelah 6x kemo (1 siklus), untuk cek metastase hanya dilakukan usg Thorax dan USG abdomen, tapi hasilnya bagus semua. Sekarang mama saya lagi terapi hormon dengan minum obat arimidex. Saya mau tanya, apa kira2 harus PET Scan untuk mendapatkan keseluruhan hasil di tubuh. atau cukup dengan hasil thorax & abdomen yang bagus ya? terima kasih kak :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)