Mens!

Tanggal 27 April lalu, gw mens. Lagi.

Kaget banget pas tau itu. Sebab gw udah berhenti mens sejak kemo baru-baru mulai. Lalu trus gw kan masih minum Tamofen, yang fungsinya adalah menekan hormon. Trus jadi kenapa gw bisa mens lagi?

Gw buru-buru wa dr Sugi. Menanyakan apakah ini berpengaruh ke pengobatan.

"Ya," kata dia. Langsung deh gw lemes.

Abis itu gw dikasih peringatan keras sama dr Sugi, dilengkapi dengan tanda seru. Disuruh untuk mengurangi berat badan. Karena berat badan yang tinggi akan meningkatkan potensi kekambuhan kanker.

Kalau menurut info di sini, mestinya sih nggak perlu khawatir. Terutama karena gw masih di bawah 40 tahun dan secara alamiah belum mengalami menopause. Tamofen itu katanya berfungsi untuk menekan hormon estrogen. Makanya sering disebut gw dibuat menopause dini, karena hormon estrogen yang menurun = menopause. Karena itu juga gw mengalami gejala yang umum terjadi di menopause yaitu hot flashes - yang hanya terjadi sehari setelah gw selesai kemo, selebihnya sih enggak.

Jadi apa pun ini artinya menstruasi yang muncul lagi, yang jelas pesan dari dr Sugi tetap sama: kurangi berat badan! Secara sekarang udah 60 kilo booook!

Comments

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)