Operasi yang Kedua


Akhirnya tiba juga hari ini, Jumat 5 Januari 2018.

I woke up feeling nothing sih sebenernya. Takut, nggak. Nggak takut, juga nggak. Berasa gantung aja. Sama pengen ini cepetan beres.

Nyokap dan bokap datang sekitar jam 06.30 pagi. Hilman sarapan dulu. Gw mandi. Trus ya nunggu. Nothing special di periode nunggu itu karena ya nggak bisa ngapa-ngapain juga. Bosen.

Lalu jam 07.50 ada suster datang. Nah gw deh nih gilirannya.

Gw pindah ke bed yang dibawa suster, lalu dibawa ke lantai 2, ruang operasi alias OK. Gw masuk ke OK1. Gw bertekad untuk sadar selama mungkin supaya inget detil-detil yang mungkin gw perlukan untuk nulis. Ya gw masuk ke ruang OK, ganti pakai baju operasi. Sama lah kayak di film-film serial dokter yang sering gw tonton. Kayaknya gw salah satu pasien awal yang dioperasi, jadi masih pada siap-siap gitu. Lantas dr Evert menghampiri,"Ngapain nih di sini? Main-main ya?" Oh I wish kali gitu dok ini main-main *__*

Abis itu gw ditusuk pakai jarum infus. Oh di sini kali ya dikasih obat biusnya. Kalau yang sebelumnya kan... eh gimana ya, kok gw lupa haha. Setelah infus dipasang, dokter mendekat dan bilang,"Kita mulai ya Bu."

The next thing I know adalah gw melek di sebuah ruangan yang bukan kamar 107. I woke up thinking: ini di mana ya? operasinya udah atau belum sih? Trus gw ngintip area dada kiri. Ada perban. Oooh operasinya udah toh. Nggak kerasa ya. ((((ya kali gitu pengen operasinya kerasaaaa))))

Lama juga gw dianggurin di ruang itu. Kesadaran gw juga ya masih sayup-sayup gitu, belum sadar betul. Jadi ya kombinasi merem melek aja lah di situ. Nggak lama, bed didorong keluar. Lalu gw liat bokap gw, trus liat Hilman. Hilman mendekat dan bilang,"Jinak." Alhamdulillah.



Kata nyokap, gw keluar dari ruangan itu sekitar jam 10.30. Jadi ya 2,5 jam lah ya operasi sampai pemulihan awal. Nah yang diangkut ada dua biji tumor payudara. Entah lah ini sebenernya ukurannya berapa. Tampak gede banget. Ajaib ya, bisa nyelip tumor segede gitu di toket gw. Ampun deh. Rasanya di area dada kiri itu berat dan sakit. Bengkak. Gw berasa kayak Dolly Parton gitu. Trus di area yang deket ketiak, banyak lebam ungu gitu. Ini gw sebenernya dioperasi atau ditabokin yak.

Gw bablas tidur lagi di kamar 107. Sambil tidur itu sebenernya gw mikir: ini gw pengen pipis, gimana caranya ya? Turun dari tempat tidur atau pakai pampers dewasa? Makanya begitu melek, pas ada bokap di sebelah tempat tidur, langsung deh minta tolong panggilin suster. Suster langsung membantu pakaikan bra, ganti baju kancing depan, lalu menolong jalan ke kamar mandi. Bagian tubuh yang lain sih biasa saja, sehat sentosa. Cuma bagian dada kiri aja yang berasa perlu gw pegangin terus karena berat dan sakit.

Satu per satu teman datang menengok. Gw nggak bisa berbuat banyak lah, ya kali gitu mesti ngoceh terus abis operasi. Kan edun kalau begitu caranya. Apalagi nggak ada Hilman di dalam ruangan, yang bisa jadi pendamping ngobrol. Masa pada ngobrol sama bokap nyokap gw hihihi.

Sekitar jam 2 atau 3 siang gitu, suster datang dan bilang kalau gw sudah boleh pulang. What? Keren amat ini. Tadinya sempet mau stay semalam lagi sih, demi bisa klaim Prumed ke asuransi. Tapi karena kasur nggak enak dan pasien di sebelah gw penuh drama, pulang aja yoooook.. Jadilah Hil sibuk ngurus admin, sementara gw ditemani Senja dan Pelangi main Pancasila lima dasar :D

Sekitar jam 2030, barulah kita cabs dari RS Kramat menuju rumah. Alhamdulillaaah, markitpul!

Semoga cepat pulih dan nggak ada operasi selanjutnya yaaaaa!

Comments

  1. Hi Mbak, kenala dulu deh. Aku Rika. Terakhir USG payudara 2014 dan hasilnya wkt itu OK. Baru sadar, bkn benjolan sih, tp kyk kulit melenting di bawah ketiak. Jadi kepikiran nich. Klo blh tau, mbak dulu ngerasanya gmn ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)