Dilema Tangan

Pasca operasi ini, dilema bener mesti beraktivitas dengan tangan.

Tangan kiri masih susah gerak karena payudara kiri kan abis dioperasi. Tangan belum bisa gerak yang bener. Masih ngilu-ngilu gitu. Kalau pegang HP pakai tangan kiri kelamaan, misalnya, rasanya berattttt banget.

Sementara tangan kanan itu golden hand. Pasca operasi mastektomi 2016 lalu, Kelenjar Getah Bening di ketiak kan diangkut juga. Akibatnya, tangan kanan jadi golden hand. Kalau dipakai berlebihan maka resikonya adalah bengkak. Sebab cairan getah bening di tangan itu macet di bagian ketiak (karena kelenjar getah bening diangkat). Kalau pakai HP kelamaan pakai tangan kanan, nah itu juga sakit. Ngeri bengkak pula.

Itu soal aktivitas tangan. Tidur juga berabe. Miring kiri, sakit karena kena payudara kiri yang belum beres abis operasi. Miring ke kanan nggak boleh, karena nanti niban lengan kanan yang golden hand. Sementara tidur telentang itu kan nggak asik banget yaaaak. Belum lagi orkestra malam alias ngorok jadi lebih kenceng kalau dalam posisi telentang huhuhu.

Tapi ya mari kita bersyukur saja. Tangan masih ada. Terbatas gerakannya kan sekarang aja. Ini reminder supaya baek-baek jaga tangan. Tangan yang selama ini kerjanya kita under estimate, jadi sesuatu yang penting banget untuk dijaga kemaslahatannya.

Kepal tinju ke udara!

Comments

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)