Selamat, Citra! Kamu Positif Covid-19

 Demikianlah babak baru ini mulai. Hasil PCR Swab Test dari RS Mitra Keluarga datang, dan gw dinyatakan positif Covid-19. Hilman dan Senja negatif, alhamdulillah. 

Tentu saja ini bukan positif yang diharapkan. Gw udah WFH maksimal, jarang ke luar rumah, setiap kali pakai masker, kok ya bisa lolos juga. Gw berusaha keras mengingat-ingat apa saja yang gw lakukan dalam 14 hari terakhir, rasanya kok minimalis ke luar rumah dan selalu pakai masker. Gw anak Google Calendar banget sih, tapi gw nggak nyatetin ke sana kalau gw ke ATM atau jalan bareng anjing kan. 

Awalnya di hari Minggu 13 Des, badan gw pwoll lemesnya. Tiduran melulu di sofa, lemes banget. Trus mulai sakit-sakitan badannya. Nyeri di sekujur tubuh, kayak digebukin orang sekampung. Nyerinya tuh merambat dari kaki sampai ke kepala, trus kepalanya lanjut bertalu-talu. Senin 14 Des begitu juga, meski nggak seharian. Selasa 15 Des masih relatif aman, tapi jam 18 termyata gw demam 38 derajat Celcius. Tadinya mau Swab drive thru di Eka Hospital hari itu juga, tapi nggak keburu karena udah mau tutup layanan PCR-nya. 

Jadilah Rabu 16 Des kami bertiga pergi swab ke RS Mitra Keluarga. Ujung-ujungnya tetep ke situ juga sih, rumah sakit langganan. Biaya swab Rp 1.400.000 untuk PCR ekspres yang hasilnya H+1. Secara gw udah demam, dan nyeri badan masih berlangsung, gw gak sanggup kalau mesti nunggu hasilnya lama-lama. 

Rabu malam terasa lamaaaaaaaaa sekali. Gak bisa tidur karena badan berasa kayak digerogotin zombie. Menjalar ke atas lagi itu semua rasa nyerinya. Begitu sukses ketiduran, gak lama bangun lagi. Capek banget rasanya. 

Pas hari Kamis, badan gw sweger pol. Enteng. Riang. Bahagia. Kita udah mulai klik-klik refresh Gmail sejak jam 10 pagi. Duh kok gak muncul-muncul ya. Tapi karena badan gw lagi enteng, gw santai aja. 

Hasil lab yang pertama muncul adalah Senja. Negatif. Lalu Hilman, negatif. Giliran gw kok ya dapet jackpot biyuuunnnggg... 

Mari kita coba ingat-ingat apa perasaan gw pas baca hasilnya. Hmmm. Karena udah ada gejala fatigue dan demam, jadinya ya ini adalah jawabannya. Ya tentu kesel juga, karena berasa udah tertib 3M. Tapi ya apa boleh bikin. Masa iya hasil labnya mau gw sobek-sobek trus gw denial. 

Langkah pertama yang langsung dilakukan adalah pengaturan kamar. Opsinya begini:

1) Gw di kamar Senja, Hil-Senja di kamar besar. Enak tuh, kamar Senja dapat banyak matahari. Etapi, gw udah manteng di kamar besar terus nih. Berarti kan ini kamar harus disterilisasi dulu sebelum bisa ditempati Hil-Senja. Plus tempat tidur Senja itu bunk bed, rada ribet kayaknya ya kalau gw naik turun melulu.

2) Gw di atas. Di atas itu dulu singgasananya Mbak U. Secara Mbak U udah nggak ada, dipakai Hil utk kerja. Ada tempat tidur, meja, kamar mandi. Posisinya persis sama dengan kamar Senja, jadi bersimbah matahari. Ideal dong. Tapi, tempat itu cepet banget berdebu. Trus gw ngeri kalau ada emergency dan gak bisa minta tolong. Kalau pakai kliningan sapi, kok jadi kayak Pengabdi Setan. 

3) Gw tetap di kamar besar, Hil-Senja di kamar Senja. Ini sih mereka pasti bahagia-bahagia aja, wong itu satu-satunya kamar yang pakai AC :)

Akhirnya opsi jatuh pada yang ke-3. 

Bagi tugas selanjutnya adalah gw koordinasi sama kantor, dan Hil koordinasi sama RT untuk menghubungkan ke Puskemas terdekat. Terakhir, berkabar pada dunia. Saking banyaknya saran obat-obatan dan oil-oilan, gw sampe bingung hahaha. Gw catetin dulu aja deh jadinya. 

Dari Iyut (kembaranku kanker payudara, sekarang kembaran Covid juga deh, alamak):

- Methylprednisolone untuk radang tenggorokan

- Flutrop untuk pilek 

- Alpara untuk batuk 

- Vitamin: B1, B12, Kalsium laktat

- Obat Cina: Lianua utk batuk pilek 

- Suplemen JSH 

- Vit D3 1000IU Blackmores (tapi nggak cocok)

- Neuralgin untuk sakit kepala 

- Oil Young Living: peppermint, raven, thieves, breathe again, lemon, digize 

Mas Ade & Gita (pasutri ini kena Covid, kedua anaknya negatif):

- Isoprinosine 

- Fluimicil 

- Antibiotik 

- Vit D 500IU 

- Vit C 1000 

- Vit B 

- Vit E 

- Zinc 

- Lian Hua

- Clover Honey 

- Takabb cough pill 

- Rhea Health Tone

Terima kasih teman-teman untuk dukungannya dan saran-sarannya! Sangat berguna! 


Comments

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)