Berhitung Herceptin

Inilah fakta yang harus gw hadapi: Herceptin itu mahal dan tidak ditanggung BPJS (karena gw bukan stadium akhir ~ alhamdulillah).

Karena Herceptin tidak dicover BPJS, artinya gw harus mengupayakan itu obat sendiri.

Yang utama adalah di mana beli dan berapa harganya. Info dari JBC dan kanan kiri menyebut, belilah obat kemo di Yayasan Kanker Indonesia. "Harganya miring," kata suster di JBC.

Gw telp ke YKI. Ngobrol sama Ibu Tuti, apoteker di YKI. Sebelumnya gw sempat ngobrol via WA sama Bu Tuti. Dapat nomor Bu Tuti dari Mbak Yuniko CSIC, kenal di FB.

Harga Herceptin di YKI adalah Rp 21 juta *pingsan*

"Kalau di tempat lain memang berapa?"
"Kalau di apotek, harganya bisa Rp 25 juta."

*pingsan kali kedua*

Kalau menurut dr Ratna (radiologi), dalam setahun itu butuh 14-18 botol Herceptin. Yaaaa coba dah tuh kaliin Rp 21 juta sama 14 botol...

*gw nggak sanggup ngitung karena lagi pingsan kali ketiga*

Di tengah perasaan 'mampus gw' ini, maka ada info soal program Solusi Terapiku. Ini adalah semacam program CSR-nya Roche, perusahaan obat yang bikin Herceptin. Langsung gw telfon deh call centernya.

Petugas call center nanya data dasar dulu, seperti nama, kanker jenis apa, stadium berapa dll. Abis itu baru dia cerita soal programnya.

Solusi Terapiku memberikan sejumlah botol Herceptin gratis buat pasien. Caranya, gw download formulir (dikirim via email), isi itu form bareng dokter, lalu akan ada survei dari pihak Roche. Survei inilah yang menentukan berapa banyak botol gratis yang bisa diperoleh. Si mbak cuma bilang survei akan tanya banyak hal, termasuk status ekonomi.

Sesungguhnya ini masih degdegan karena ada ketidakpastian di sana. Sementara harga Herceptin sungguh pasti... pasti mahal *nangis* *huwaaaa*

Gw rasa ini saat yang tepat untuk cari babi ngepet yang bisa melipatgandakan uang. Atau membuat daun jadi uang... lalalalalalalala....

Solusi Terapiku: 0800 1000 333 (Sn-Jm, 9-17)

Yayasan Kanker Indonesia: 392 0568 (Sn-Jm, 9-15.30)

Comments

  1. Akhirnya berhasil dicover atau tidak ya sis?sy cari info untuk ibu saya

    ReplyDelete
  2. Masih cari herceptin ga buk?081586511440

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)