Ke Dokter Gigi

Kemarin sempat baca-baca soal persiapan kemoterapi. Salah satunya adalah periksa gigi.
Alasannya begini. Pas kemo, daya tahan tubuh itu melemah. Akibatnya, jadi gampang terserang penyakit. Karena itu kalau bisa calon-calon penyakit pada disingkirkan dulu. Supaya aman selama proses kemo berlangsung.
Sebelum pilih dokter, gw sempat tanya sama Lily, teman SMA yang jadi dokter gigi. Dia sempat rekomendasikan ke Oral Medicine, walaupun bisa juga ke dokter gigi biasa.
Dan tadi pagi gw ke dokter gigi. Pakai metode praktis aja: cari yang praktik di Sabtu pagi. Dapatnya ternyata di RS Permata Cibubur. Yo wis. Dengan baik hatinya, Senja mau nemenin.
Gw diperiksa sama drg Diah Luna. Dari awal gw bilang kalau ini dalam rangka persiapan kemoterapi, jadi sebetulnya gw saat ini nggak ada keluhan apapun.
Dan ternyata... si dokter adalah survivor kanker payudara. Wah, kebetulan banget.
Dia kena sekitar 10 tahun lalu. Dia bilang, nanti pas kemo, minumlah susu. 1 gelas per hari. Dia menyebut merk Ensure meski gw yakin itu tak bermaksud mengendorse hehe.
Dia bilang, badan akan berat terserang pas kemo. Bakal susah makan dll sementara show must go on. Jadilah penting untuk menyokong lewat susu. Abis minum susu, sebaiknya minum air putih hangat. "Supaya email gigi terjaga," kata dia.
Jadi tadi itu gw menjalankan pembersihan karang gigi. Ngiluuu. Sepanjang sesi, gw merem aja jadinya. Melek cuma pas disuruh kumur aja hehe.
Pekan depan gw mesti balik lagi. Agendanya adalah untuk beresin bolong di gigi.

Comments

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)