Ready, Get Set...

Hari ini adalah jadwal ketemu dr Evert di pagi hari di JBC dan dr Sugiono di Kramat di sore hari. Sejak awal, gw dan Hil pisah haluan: gw ke JBC dan Hil ngantre konfirmasi di Kramat.

Hasil sama dr Evert:
- Benjolan di dekat tulang selangka itu belum mengecil
- Dikasih obat lagi selama 2 minggu
- Bisa dilakukan operasi lokal untuk mengangkat itu benjolan
- Operasi bisa dilakukan selagi proses kemo

Di ujung pertemuan, dr E memegang tangan gw dan mengucapkan mantra:

"Kemo itu berat. Badan kamu harus kuat. Makan sayur, buah, telur satu butir sehari kalau bisa. Kamu siapkan badan kamu ya supaya kuat."

Oke!

Sementara di Kramat, Hil sukses antre konfirmasi ke dr Sugi. Meja pendaftaran buka jam 7 lewat dikit dan kita dapat giliran nomor 17. Not baaaadddd.. 

Tapi bagaimana pun, gw bersiap ngantre panjang di Kramat. Bawa laptop, bawa kerjaan, bawa buah dll.

Urutan proses di pendaftaran BPJS di Kramat:
- ke meja pendaftaran, bilang kalau sudah konfirmasi
- serahkan berkas: fc KTP, kartu BPJS, surat rujukan Puskesmas, rujukan RSUD Bekasi, surat DPJP* dan surat rujukan internal**
- berkas diperiksa
- kalau berkas beres, disuruh ke ruang tensi
- pindah nunggu ke ruang tensi
- dipanggil, masuk: tensi, timbang BB, isi medical record dengan hasil lab/pemeriksaan terbaru
- naik ke lantai 2, ke polinya dr Sugiono
- nunggu dipanggil, masuk, periksa
- bawa kwitansi ke kasir bawah
- selesai

* surat DPJP: surat yang memperpanjang masa expiry date surat rujukan menjadi 3 atau 6 bulan ~ dengan begitu nggak perlu memperpanjang surat rujukan per bulan
** surat rujukan internal: dari dr bedah onko (dr Taslim) menuju ke dr Sugiono

Selesai urusan tensi dll, naik ke atas, eh langsung dipanggil masuk. Hore!

Hasil sama dr Sugiono:
- sudah siap untuk kemo
- dikasih obat untuk obat kemo -- ada 2 resep; resep obat yang ditanggung BPJS dan yang tidak (Herceptin & Leukokine)
- Leukokine diperlukan untuk menaikkan leukosit karena setelah kemo, kadar leukosit akan drop.
- Untuk leukosit, BPJS hanya menanggung 1 botol sementara gw butuh 5 untuk kemo pertama
- Bisa ikut program Solusi Terapiku untuk dapat subsidi / Herceptin gratis. Dengan bodohnya gw lupa print formulir yang sudah gw dapat dari Solusi Terapiku. Padahal itu harus diisi oleh pasien dan dokter, huhuhu. Untungnya masih bisa menyusul.
- Dikasih surat untuk mengurus rawat inap untuk proses kemo.

Brrrrhhhh... degdegan. Jadi bener nih gw akan kemo?

This still feels surreal.

Comments

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)