Pakai Arm Sleeve

Sejak gw baca dan tahu kalau gw mengalami lymphedema pasca mastektomi, gw udah baca soal keberadaan arm sleeve ini. Sembari mbatin, ini belinya di mana ya?

Makdarit begitu ketemu Sr Ella, gw langsung tanya soal arm sleeve ini. Dan ternyata dia jual, hore!

Tadi gw ketemu Sr Ella untuk fisioterapi ketiga. Kata doi, makin lancar gerakannya. Bengkak sih pasti bakal terjadi karena kondisi ini kan bonus seumur hidup. Karena itu latihan fisik yang diajarin Sr Ella harus terus dipraktikkan. Intinya sih menggerakkan seluruh lengan ke berbagai poros. Patokannya adalah ada yang bisa dilakukan tangan yang sehat, maka semestinya bisa juga dilakukan oleh tangan yang kena lymphedema.

Di akhir latihan fisik, arm sleeve ini dipasang. Mahal bok, 850 ribu. Be nice to me ya.

Bahannya kayak stocking tapi agak lebih tebal. Warna seperti warna kulit. Merk arm sleeve ini adalah VENOSAN compression stocking (V4002 Mexico, small long, without hand, CG ~ material: 62% Tactel Polyamide, 26% elastane, 8% cotton, 4% sea cell active). Ini memang khusus buat orang yang mengalami lymphedema.

Beberapa hal:

- Jangan kena kuku yang tajam atau cincin dengan sisi yang tajam karena gampang robek. Rugiii maakk...

- Kalau ada benang yang menjuntai di dalam, biarin aja, jangan dipotong.

- Jangan sampai kena aneka lotion atau krim, termasuk body lotion.

- Jangan kena sinar matahari langsung atau panas berlebihan.

- Bisa dicuci di mesin cuci, pencucian reguler tidak merusak arm sleeve

- Jangan pakai pelembut pakaian atau penghilang noda

- Secara reguler, bersihkan bagian silicone band dengan alkohol untuk improve adhesion.

- Simpan di suhu ruangan, hindari dari kondisi lembab

Pas udah kelar sesi sama Sr Ella, dia berpesan,"Kamu jangan balik lagi ya Cit. Kalau ada keluhan aja baru ketemu saya lagi. Tangannya dilatih terus, sekarang sudah bagus."

Horreee lulus fisioterapi huehehe.

Pas balik ke kantor, gw kasih lihat lengan gw yang sudah berbalut arm sleeve ini ke Mbak Vie.

"Oh aku pikir kamu pakai... itu lho yang suka dipake sama orang yang pakai kerudung itu..."

;)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)