Setelah PA & IHK, Lalu?

PA sudah, IHK sudah. Sayangnya belum keluar hasil CISH.

Tapi begini gambaran langkah selanjutnya yang harus ditempuh, sesuai hasil konsultasi dengan dr Sugiono (internis) dan dr Ratna (radiologi).

- Kemo 6x
Ternyata cycle-nya kemo itu 6-8 kali. Diperkirakan, akan butuh kemo 6x. Kemo disarankan duluan mengingat ada faktor 3/10 kelenjar getah bening gw udah kena sama si sel kanker itu. Artinya, God knows where and how far the cells have travelled. Ampun dije. Karenanya, si sel kanker yang nyebar itu perlu dicari secara sistemik ke seluruh tubuh. Caranya ya dengan kemo ini.

* Disinar atau radiasi

Mesti sudah kemo, ternyata tetap disinar juga. Gw kirain tadinya pilih salah satu atau dua aja gitu hehe. Disinar itu sifatnya lokal -- hanya menyasar daerah tertentu saja. Ini untuk memastikan nggak ada sel-sel kanker yang tumbuh di area mastektomi. Area yang mungkin ikut terpapar adalah paru-paru (di dada kanan) dan jantung (di dada kiri). Radiasi ini akan berlangsung 25x, setiap hari. Tepatnya, 5 hari disinar, Sabtu-Minggu istirahat, lanjut lagi Senin-Jumat. Radiasi bisa dilakukan di RSCM, RSPAD dan Persahabatan. Dr Ratna prefer 2 opsi pertama.

* Terapi hormon

Ini bisa dilakukan bersamaan dengan proses disinar. Bentuknya berupa obat untuk menekan produksi estrogen progesteron. Dan diminum selama 10 tahun. Betul. Se-pu-luh.

Nah untuk disinar, nggak perlu nunggu apa-apa lagi. Tapi saran dr Sugiono adalah kemo dulu, baru disinar. Kenapa? Karena sudah ada temuan 3/10 di kelenjar getah bening itu. Artinya, yang urgent sekarang adalah memburu sel kanker di penjuru tubuh gw.

Nah sementara untuk kemo, yang harus ada adalah CISH. CISH ini menunjukkan seberapa kuat tingkat kekambuhan ini sel kanker. Jika CISH positif, maka gw harus kemo pakai obat yang lebih kuat yaitu Herceptin.

Bad news 1: Herceptin tidak ada versi generik.
Bad news 2: tidak ditanggung BPJS. BPJS baru menanggung kalau sudah masuk stadium terminal.
Bad news 3: harganya 20 jutaan/botol

Lalalalalala.

"Sekarang berdoa saja semoga CISH negatif," kata dr Sugiono.

Berdoa kenceeeeeeeng banget ini Maaaaak!

Comments

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)