Demi Leukosit Tinggi

Salah satu dampak kemo adalah leukosit yang turun. Sel darah putih digempur sama obat kemo sampai keok. Karena itu setiap kontrol ke dr Sugi pasti harus cek darah lengkap dulu. Dengan begitu ketahuan apakah perlu suntik Leukokine atau enggak. Leukokine ini booster jumlah sel darah putih. Kalau sel darah putih rendah, tubuh rawan kena infeksi.

Terakhir kontrol, hasil leukosit gw tinggi. Bahkan sampai 3x lipat di atas normal. Sempat panik lah gw karena pas riset nemu kalau jumlah sel darah putih yang tinggi itu bisa dicurigai sebagai leukimia. Haiyyaaaa....

Pas dr Sugi lihat hasil leukosit itu tinggi, dia santai aja. "Bagus ini. Lebih baik jumlahnya kebanyakan daripada kurang. Kalau begini, kamu nggak usah pakai masker, pergi ke mal juga nggak papa. Nggak usah khawatir kena infeksi. Tapi paling besok drop lagi. Ini kan karena kamu kemarin suntik Leukokine."

Ok, lega.

Gw jadi inget omongan suster di JBC. Dia bilang, untuk mendongkrak nilai leukosit, makanlah ikan gabus. Untuk itu, gw minum saripati gabus, beli di RS Carolus.  putih telur yang banyak.

"Jangan lupa juga makan telur. Kalau bisa 5 sehari. Putihnya aja, karena karena kalau yang kuning kebanyakan, nanti malah kolesterol tinggi. Kalau nggak kuat 5 ya sekuatnya aja," kata dia.

Dan ini dia: 3 butir telur. Mbleketek  rasanya abis ngabisin ini.

"Mending makan telur kan daripada bayar suntikan Leukokine," kata dia lagi.

Betul. Fyi, satu vial Leukokine itu harganya 700 ribu. Dan oh ya, itu nggak ditanggung BPJS dong. Lalalalala.

Comments

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)