Mesti Hidup Sehat

Kemarin dr Diah datang untuk ngecek kondisi gw. Dia adalah dokter umum yang sebelumnya kasih informed consent ke gw dan Hil. Dia datang pas masih ada beberapa teman yang jenguk. Jadi sekalian aja kayak penyuluhan deh :)

11 tahun lalu, dia juga kanker payudara. Payudara kiri diangkat, lalu tentu harus serangkaian kemo.

Dia bilang, setelah ini gaya hidup harus dijaga betul. Jangan stres. Makan boleh aja. Yang nggak boleh hanya yang diawetkan dan diinapkan. Yang diinapkan maksudnya adalah yang diangetin gitu lho.

"Banyak makanan enak yang diinapkan gitu. Rendang, gudeg, sayur lodeh... enak kaan. Kalau mau makan itu, yang fresh aja."

Lalu ayam, boleh. Kalau ayam kampung, bagus. Daging boleh tapi jangan lemaknya. Kalau ayam broiler, jangan makan kulitnya *noooooo* Ikan asin, telur asin dan cumi asin, harus bye bye *nooooooooooo*

"Tapi, semua makanan yang nggak boleh itu jadi boleh pas kemo," kata dia.

Asik! Ya ini mungkin sama ya teorinya kayak gw kalau lagi mens itu sekalian aja makan indomi, chitato dan jahanam-jahanam enak lainnya gitu. Mereka kan biasanya bikin gw migren. Nah pas gw mens kan pasti migren, jadi ya sekalian aja hehehe.

Sayur dan buah itu wajib. "Tapi harus yang bentuknya sayur dan buah ya, jangan yang kapsul atau sirup."

Aneka herbal juga nggak masalah, kata dia. "Kan itu sama saja dengan sayuran. Jadi kalau mau konsumsi daun sirsak atau lainnya, silakan. Asal bentuk daun lalu direbus gitu. Jangan yang bentuk kapsul."

Jangan juga berlebihan makan sayur. Dia cerita ada pasiennya yang setelah operasi lantas makan wortel 1kg/hari. "Abis itu dia datang ke saya, kulitnya kuning karena karotennya tinggi," kata dia lagi.

Dr Diah juga mengingatkan untuk stretching supaya tangan kanan gw nggak kebas. Sekarang gw memang masih latihan pakai tangan kanan lagi. Dia bilang, latihan itu harus karena kalau enggak nanti tangan gw bengkak.

"Dikerjain pas mau mandi aja. Jadi pasti dilakukan setiap hari gitu."

Soal tangan, kata dr Diah, tangan kanan gw adalah tangan emas. Nggak boleh bawa beban berat.

Reggie langsung tanya soal tas. Wih untung banget, secara gw nggak kepikiran. Ternyata tas ransel nggak boleh. "Pakai aja tas yang ada trolinya gitu."

Wah, tas Frozen atau Princess nih kayaknya pilihan gw...

Penyakit adalah pengingat. Gw sebelumnya kan sudah punya migren dan asam lambung, dua-duanya juga dipicu makanan. Nah dengan kondisi sekarang, anggap aja lagi main game level hard core ;)

Comments

  1. gw temani makan sayur yaaaa....banyak istirahat, jaga semangat dan cepat sembuh yaaaa Citra "angelina jolie" prastuti

    ReplyDelete
  2. gw temani makan sayur yaaaa....banyak istirahat, jaga semangat dan cepat sembuh yaaaa Citra "angelina jolie" prastuti

    ReplyDelete
  3. Tas troli.frozen aja, pan lagunya yg nge hits let it go, let it go, pas kan tuh :-). Gw yakin elo sehat kyk dr diah, citrahhh gitu lo. Big hug dr kita buat kalian

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)