Siap Operasi

Tadi siang gw ketemu dr Sugiono untuk konsul hasil tes kesiapan operasi.

Yang dicek:
- EKG atau rekam jantung
- Golongan darah - gw itu O, tapi karena nggak ada kartunya, lebih baik dicek ulang

Setelah dicek dr Sugiono, dinyatakan baik. Hb gw juga oke karena sudah di atas 10, meskipun mepet. Untuk itu, gw sebut juga kalau gw thalasemia minor.

"Thalasemia itu sel darah merahnya gampang pecah. Dan itu memicu yang lain untuk membeku. Itu kondisi yang disebut darah kental," kata dia. Tapi untuk kesiapan operasi, kondisi thalasemia gw oke aja.

Biar gw nggak berasa rugi karena udah nunggu antrian dr Sugiono ini selama 3 jam, maka gw tanyain yang lain-lain aja. Gw tanya soal poster di depan: kenapa kalau kita kanker payudara itu mesti cek juga anggota keluarga yang punya kanker prostat dan ovarium?

"Hormon," kata dia.

Ooooh. Dia juga bilang kalau kanker itu genetis. Meski begitu, bisa aja si sel kanker itu diem-diem aja dan nggak tumbuh. Pemicu si sel kanker itu adalah lingkungan. Lalu dia tanya, apakah dulu gw menyusui atau enggak. Gw bilang, iya, 6 bulan.

"Kenapa 6 bulan?"
"Karena abis itu nggak keluar lagi."

Nah ternyata itu juga  jadi salah satu faktor pemicu. Seperti 'nggak tuntas' gitu menyusuinya. Lha tapi kan nggak bisa diputar ulang ya jamnya. Jadi ya sudah lah, kita ngangguk dulu aja.

Lalu gw tanya lagi detil soal proses pembedahan. Termasuk apa beda VC (potong beku) dan PA (patologi anatomi).

"VC itu hasilnya cepat, 30 menit. Bisa langsung ketauan ganas atau jinaknya benjolan yang diambil. Sementara PA itu lebih lama. Hasilnya seminggu, karena pemeriksaannya lebih teliti dan detil. Dari situ bisa ketahuan jenis sel kankernya apa, sehingga tahu persis treatment seperti apa yang dibutuhkan."

Kalau yang kanan, prosedurnya kan sudah jelas tuh. Sementara yang buat kiri, gw iseng aja tanya lebih lanjut.

"Yang kiri kan diambil VC juga tuh Dok. Kalau ternyata dari hasil VC, ternyata ganas, berarti apa?
"Dua-duanya diangkat."

Yak mantep. Mikirin mastectomy aja ngilu, sekarang dia ngomongin double mastectomy.

"Jangan nyimpen penyakit," gitu kata dokternya. Berkali-kali.

Iya sih, nggak berencana. Cuma ya ngilu.

Comments

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Hasil PA & IHK

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)